Buku Foto sebagai Warisan

May 25th 2017
Image

Kinkin Panenthe mengisi workshop dengan tema “Buku Foto sebagai Warisan” pada acara Asean dan China Childern Art Exhibition di Bale Pare Kota Baru Parahyangan, Padalarang – Kab. Bandung, Minggu (19/11/2017) lalu.


Acara yang menyajikan berbagai macam budaya kerajinan dan kesenian tradisional maupun modern se-Asean ini meghadirkan Kinkin Panenthe selaku Owner Wonderbook, perusahaan yang berfokus di bidang pembuatan photobook (buku foto).

 

Kinkin mengatakan, “membuat buku itu susah tapi menarik”. Tuturnya, jaman dulu membuat tulisan diperlukan perhitungan yang tepat, karena penempatan tiap diksi harus pas kiri-kanan dan atas-bawahnya. Begitupun alat dan skill yang mumpuni sangat dibutuhkan dalam pembuatan foto. Berbeda dengan sekarang, dimana semua orang dengan mudah menulis dan merekam momen dengan segala fasilitas teknologi dan digital, juga
kemasan yang menarik seperti photobook yang saat ini cukup digemari.

 

"Photobook (buku foto) adaptasi dari kumpulan tulisan dan foto dikombinasikan menjadi
sebuah album kenangan, karya, dan arsip. Buku foto sebagai bentuk warisan keluarga, juga representasi sebuah kekekalan sejarah. Sebab konsep buku foto ini membuat kita bisa
mengemas kisah lama dengan kisah baru sebagai kenangan. Photobook juga bisa menjadi
hadiah (misal) untuk atasan atau rekan sejawat yang mutasi dan resign."
Credit: Kinkin Panenthe

Dimasa mendatang mengingat sebuah kenangan tidak cukup hanya menatap foto atau sekedar membaca tulisan saja, tapi perlu keduanya. Wonderbook mengembangkan inovasi konsep buku foto dengan memfasilitasi software gratis untuk memudahkan pengguna dalam mendesain photobook.


Kinkin menuturkan, “kenapa saya kasih software gratis? Karena saya tidak tahu apa yang anda rasa dan yang telah dilalui, sehingga bila saya yang membuatkannya (desain) akan asal tempel, dan sebagus apapun yang dihasilkan tetap tidak akan murni, berbeda dengan membuat sendiri”.

Ia menambahkan, bila membuat photobook dijadikan budaya atau sebuah kebiasaan tentu ini akan menjadi hal yang positif, selain mengasah kreatifitas juga membiasakan kita untuk tidak mudah melupakan sejarah (apapun).

(Dini/WonderbookTeam/24November2017)

Recent News

Image
May 25th 2017
Buku Foto sebagai Warisan
Read More
Image
12 April 2018
Photobook – Album Foto Kekinian
Read More
Image
May 25th 2016
A day in the life of a professional fitness blogger
Read More